TisuMajakani.Net

Agen Resmi Tisu Majakani | Tisu Kesehatan Khusus Wanita | Mencegah Keputihan, Kanker Serviks, dan Menghilangkan Bau Tak Sedap

Diet Sehat Saat Menstruasi

TIPS Sehat Saat HAIDBAGI sebagian perempuan, melakukan program diet untuk mendapatkan tubuh langsing ideal bukanlah masalah besar. Namun, hal ini bisa menjadi sulit untuk dilaksanakan saat memasuki masa  haid (menstruasi: datang bulan).

Changes during the menstruation period adalah perubahan fisiologis dalam tubuh perempuan yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi hormon reproduksi. Pada saat menstruasi, terjadi peluruhan dinding rahim sebagai pengaruh berkurangnya kadar hormon reproduksi di dalam tubuh. Secara umum, siklus menstruasi perempuan adalah sekitar 28 hari dan dapat bervariasi antara 21–35 hari.

Menurut dr. Ria Sari, waktu haid, perempuan sering kali merasakan berbagai macam gangguan, seperti kembung hingga nyeri. Bahkan keluhan sering mengemil pun bisa muncul dan bisa menggagalkan program diet yang sudah dilaksanakan.  Saat mendekati masa menstruasi, tambahnya, diet bisa menjadi lebih sulit karena meningkatnya nafsu makan dan keinginan untuk mengemil. Untuk mengatasinya, pilih camilan sehat seperti buah. Buah juga merupakan sumber serat yang dapat membantu mengatasi gangguan buang air besar yang sering muncul pada masa pramenstruasi.

Selain itu, masalah yang sering timbul adalah kesukaan yang berlebihan terhadap makanan manis yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon ketika haid sehingga memicu produksi senyawa beta-endorphin yang mengatur kesukaan terhadap rasa manis. Konsumsi makanan yang manis atau terlalu banyak mengandung gula juga dapat menggagalkan  diet pada waktu haid. Sebab, kadar gula yang berlebihan dapat memicu bertambahnya berat badan.

Namun, kesukaan yang berlebihan saat mendekati menstruasi sebenarnya lebih disebabkan kebiasaan melakukan diet ekstrem dengan menghindari makanan tertentu. Selain tidak sehat, diet secara ekstrem juga dapat memicu kesukaan yang berlebihan terhadap makanan tertentu.

Dia menyarankan, sebaiknya ikuti pola diet yang sehat dan bertahap agar hasilnya lebih optimal. Juga disertai asupan nutrisi lengkap dan seimbang agar fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Untuk menghindari kesukaan yang berlebihan menjelang menstruasi, dapat dilakukan dengan mengalihkan pikiran dengan kegiatan positif seperti olahraga atau berkumpul dengan teman.

’’Diet adalah mengatur pola makan, bukan membatasi makan. Pada kisaran usia 20–30 tahun, masa ini adalah waktu di mana seseorang memiliki banyak kesibukan dan aktivitas serta mempersiapkan untuk proses reproduksi,’’ tuturnya.

Karena itu, diet yang tepat dan sehat sangat dibutuhkan agar tidak menghambat aktivitas serta persiapan reproduksi. Pemilihan makanan ketika diet harus tetap memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan tubuh dalam beraktivitas. Di antaranya makanan yang dikonsumsi harus tetap mengandung folat, kalsium, zat besi, serat, dan vitamin.

’’Sedangkan untuk usia remaja atau kurang dari 20 tahun dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat setengah dari jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Seperti mengurangi nasi pada waktu makan, namun perbanyak lauk, sayur, dan buah. Bisa juga mengganti nasi yang biasa dikonsumsi dengan beras merah dengan kadar serat yang baik sehingga dapat lebih lama menunda rasa lapar,’’ tutur Ria.

Pengaturan pola makan dapat dilakukan dengan membiasakan mengonsumsi roti gandum atau sereal dengan susu low fat untuk menu sarapan pagi; menu makan siang dan malam dapat diisi dengan nasi, kentang, serta pasta dengan sayur kukus dan tahu; serta sore sebaiknya meminum satu gelas jus buah tanpa gula dan hindari makan setelah pukul 7 malam karena pada waktu malam kita cenderung tidak melakukan aktivitas jadi bisa menyebabkan penumpukan lemak.

Menjelang haid terjadi perubahan hormon dan tubuh cenderung menahan air yang kadang menyebabkan nyeri, keram, dan kaki menjadi bengkak. Untuk mengatasi hal itu dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang asin atau mengandung banyak garam. Sebab, garam dapat mengikat air dalam tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan pada kaki.

’’Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menyempurnakan program diet. Namun, umumnya ketika haid, perempuan cenderung merasa lemas dan kurang bersemangat,” tambahnya.

Hal ini disebabkan darah yang keluar membawa zat besi dalam tubuh. Karena itu, konsumsi vitamin atau suplemen penambah darah seminggu sebelum datang haid. Juga  sangat diperlukan untuk menambah darah, sehingga darah yang keluar ketika haid tidak menyebabkan rasa lemas dan tidak bersemangat.

Untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal, rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu. Selain itu, olahraga juga membantu mengurangi emosi negatif sehingga bermanfaat untuk mengurangi gangguan saat menstruasi. Sebaiknya ketika haid, pilih olahraga ringan seperti berjalan atau yoga. Jangan paksakan diri untuk latihan selama menstruasi!.

Psikologi Perempuan ketika Haid

HAID atau datang bulan dapat memengaruhi kondisi psikologi perempuan. Karena itu, tak jarang pada masa haid, perempuan cenderung lebih sensitif dan tingkat emosionalnya meningkat. Ini dapat terjadi karena masalah yang sering dihadapi ketika datangnya haid seperti rasa tidak nyaman pada fisik selama beberapa hari sebelum datang haid dan haid yang menyakitkan atau bahkan keluhan yang cukup berat seperti nyeri otot-otot rahim, pusing, rasa sakit pada bagian tengah perut, perasaan galau, lelah, dan pilek.

Selain itu, gangguan-gangguan psikologi yang sering dialami perempuan saat menstruasi yaitu kecemasan atau ketakutan terhadap menstruasi sehingga menimbulkan fobia terhadap menstruasi. Maksudnya, jika keregangan dan kecemasan ini secara terus-menerus serta berlebihan dan tidak segera diatasi, akan menimbulkan fobia saat menstruasi.

Psikolog Diah Utami Ningsih, S.Psi., M.A.Psi. menjelaskan, perempuan yang haid mudah tersinggung atau mudah marah. ’’Perasaan ini timbul karena perubahan cara kerja hormon dan pengaruh rasa nyeri yang timbul ketika haid. Perubahan pola makan juga dapat terjadi. Pola makan ketika perempuan mengalami haid cenderung meningkat, terutama pada makanan manis. Dalam masa haid, perempuan juga akan mengalami gangguan tidur atau masalah susah tidur atau insomnia,” tuturnya.

Ketika haid, perempuan juga cenderung merasa terhalangi atau terbatasi kebebasan dirinya oleh datangnya haid. Misalnya, perempuan akan terbatas dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari, seperti melaksanakan ibadah, olahraga, dan aktivitas lainnya.

’’Pada sebagian perempuan, perubahan hormon yang terjadi ketika masa haid memang cenderung memengaruhi tingkat emosi yang menyebabkan perempuan lebih sensitif dan sering marah-marah. Namun, itu tidak bisa menjadi alasan untuk perempuan selalu bersikap emosional ketika haid. Semua bergantung individunya masing-masing,’’ ujarnya saat dihubungi melalui seluler kemarin.

Ia menambahkan, kondisi tidak nyaman ketika haid dapat mengakibatkan stres yang menyebabkan sulit untuk dapat berpikir normal dan logis. Perubahan pola makan juga dapat terjadi. Sebagian  perempuan mengalami peningkatan nafsu makan, tapi tidak sedikit juga yang mengalami penurunan nafsu makan.

’’Untuk mengatasi keluhan psikologi ini dapat dilakukan dengan mencari informasi yang tepat tentang perubahan yang terjadi waktu kita mengalami haid agar kita bisa lebih terbiasa dengan semua masalah yang ada,” ungkapnya.

Berpikir secara positif dengan menanamkan dalam pikiran bahwa apa yang kita alami ketika haid juga dialami oleh perempuan lain dan jangan menjadikan masalah haid alasan untuk bersikap emosional.

Diet Sehat dan Sederhana

PRINSIP menjalankan diet adalah tetap mengonsumsi makanan dengan komposisi yang dibutuhkan tubuh dan jumlah seimbang. Tentu saja dengan total kalori yang lebih rendah dari yang biasa dikonsumsi, sehingga tubuh akan menggunakan simpanan energi tubuh, yaitu lemak tubuh, baik yang berlokasi di bawah kulit maupun yang berada di dalam tubuh (lemak viseral). Dengan hilangnya massa lemak tubuh, maka akan terjadi penurunan berat badan. Beberapa tips diet sehat dan sederhana berikut ini bisa dicoba.

  1. Pertama-tama, kenali tubuh Anda. Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman. Ketika mulai mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.
  2. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup. Seperti sunah Rasul, ’’Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.”
  3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur. Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah serta makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk.
  4. Jangan lupakan sarapan pagi! Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.
  5. Perbanyak minum air putih. Cukupkan kebutuhan air putih Anda minimal 2 liter per hari.
  6. Berolahraga. Jadikan itu sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi. Beraerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.
  7. Bebas gula. Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui nafsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.
  8. Jangan melakukan tindakan ekstrem! Tindakan ekstrem maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat, yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua camilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien.
  9. Gosok gigi segera. Setelah makan malam, segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.
  10. Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke makanan! Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yang terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya.
  11. Konsisten dengan apa yang akan dan sedang kita kerjakan. Sebenarnya, semua program diet yang dilakukan secara konsisten bisa menurunkan berat badan secara ideal. Persoalannya, kebanyakan dari kita sulit untuk konsisten melakukan program dietnya sehingga banyak yang gagal dan menyalahkan program diet itu. (ana/c2/tru)

Sumber: Radar Lampung

Incoming search terms:

TisuMajakani.net © 2014 Supported by ABE Berkah | Stokis ABE Bandung | Daftar Agen Foredi ||| Ruang Admin Frontier Theme